SALESMANSHIP

Salesmanship adalah perpaduan antara seni dan ilmu.penerapannya selalu bervariasi sesuai dengan situasi dan kondisi.Pemilihan motif yang tepat ke arah sasaran adalah kunci keberhasilan untuk mempengaruhi.motif yang dipilih harus pula diikuti dengan rangkaina kata-kata yang indah.Tidak cukup dengan itu saja bahkan gairah (antusiasme) juga harus memainkan peran.

Gairah dapat diilustrasikan ibarat sinar yang mengitari sebutir intan pada sebuah dulang ditangan seorang pendulangnya, yang dengan spontanitas, daya tariknya dan permainan warnanya mengundang kekaguman dan kemudian memberinya nilai yang istimewa melebihi benda-benda lain disekitarnya.

Pengetahuan tentang calon pembeli ditempatkan sejalan pengetahuan mengenai apa yang dijual,maupun pengetahuan menhgenai diri sendiri selaku penjual.sebab hanya dengan demikianlah seorang penjual dapat dengan tepat memilih motif mengapa orang membeli.

motif mengapa orang membeli dapat dipilih diantara motif berikut ini ;
a) Motif pembelaan diri
b) Motif keuntungan finansial
c) Motif cinta
d) Motif dorongan seksual
e) Motif keinginan akan kekauasan keharuman nama
f) Motif ketakutan
g) Motif pembalasan
h) Motif keinginan untuk membangun& mencipatakkn ke dalam pikiran maupun material
i) Motif mengehemat uang
j) Motif mnehemat waktu
k) Motif mendapatkan kesenangan/ketenangan pikiran
l) Motif untuk mempertahankan agar selalu up to date
m)Motif mempertahankan agar tidak dipandang kurang dari orang lain
n) Motif ingin menyenangakn orang lain

Pada umumnya setiap orang dalam kehidupan ini dapat dilakukan pendekatan melalui kebiasaan menurut prinsip kehidupab melalui sifat-sifat sebagai berikut :
1. orang pada umumnya senang dihargai
2.orang pada umumnya senang dianggap penting
3.semakin anda menyukai seseorang, dan semakin anda diberi anggapan penting terhadapnya semakin tinggi pula kesukaannya dan penghargaan terhadap anda
4.semakin tinggi penghargaan orang kepada anda,akan semakin tinggi pula kepercayaan anada terhadap diri anda sendiri

untuk lebih memudahkan tugas dalam penjualan berikut anda akan mengenai psikologi praktis sebagai berikut :
a. kemampuan untuk mengetahui keadaan orang lain (daya observasi).
misalnya :gejala-gejala tentang kegembiraan/kebosanan pada orang lain yang sepintas lalu tercermin sari roman muka orang lain dengan lebih dulu menanyakan pertanyaan secara diplomatis terhadap orang yang dekat dengannya

b. kemampuan untuk menghayati perasaan orang lain (Daya Serap)
Anda harus bisa merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain.dengan melibatkan diri secara mendalam tenatang kesedihan,kegembiaraan dan kebanggan orang lain anda akan bisa merasakan apa yang dirasakan orang lain sehingga membuat ada dapat menyesuaikan diri dengan keadaan yang sesungguhnya tanpa terasa dibuat-buat

c. Kemampuan untuk bertukar pikiran untuk memahami pikiran orang lain(Daya berdialog)
untuk itu, anda harus mendengarkan terlabih dulu pendapat orang lain, baru setelah itu menanggapi dengan tenang.lalu sampaikanlah pendapat anada secara jujur sehingga dapat menjernihkan suatu persolan dengan cara bijaksana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s