POLA ORIENTASI MORAL ANAK TK

A. Pengertian Istilah
 Menurut kamus pola= bentuk(struktur yang tetap )( kamus bahasa Indonesia, 1990
 Sebaik apapun pola yang kita buat harus tetap bepedoman pada standar yang telah ada

B. Hakikat Pembahasan
 Orientasi moral menurut peter (1979)= Moral Position /Ketetapan hati = dimiliki seseorang terhadap suatu nilai yang didasari oleh 2 landasan perhitungan / penilaian yaitu : Cognitif Motivation Aspects (suatu perhitungan antisipasif seseorang terhadap resiko yang mungkin muncul jika dirinya menentukan suatu hal) dan Affective Motivation Aspects. (suatu perhitungan emosi yang akan diakibatkan dari suatu keputusan yang diambil seseorang) .

C. Kajian Teori Perkembangan Moral
1. John Dewey , tahapan perkembangan moral akan mellewati 3 fase yaitu :
 Fase Pre Moral /pre connventional : sikap/ perilaku manusi banyak dilandasi oleh impuls biologis dan sosial
 Tingkat Konvensional : perkembangan moral manusia didasari oleh sikap kritis kelompoknya
 Autonomous : Perkembangan moral manusia banyak dilandaskan oleh pikirannya sendiri
2. Piaget, perkembangan moral manusia akan mengalami rentang :
 Heteronomous, (usia 2-6 tahun): pada saat awal belum berpendirian kuat dalam menentukan sikap & perilaku, suka berganti-ganti jawaban jika ditanya, masih sangat labil, mudah terbawa arus sehingga membutuhkan bimbingan, proses latihan dan pembiasaan.
 Autonomous,( usia 12 tahun): anak telah memiliki kemampuan sendiri dalam menentukan keputusan sikap yang terbentuk dari pembelajaran sehingga banyak menggunakan pertimbangan akal sehat, pengetahuan & pengalaman kehidupan sehingga disebut agent of just

D. Moralitas anak TK dan Perkembangannya
Moraitas anak Taman Kanakdan perkembangannya dalam tatanan kehidupan mereka dpat dilihat dari sikap dan cara berhubungan dengan orang lain (sosialisai), cara berpakaian dan berpenampilan serta sikap dan kebiasaan makan, sikap dan perilaku anak dapat memperlancar hubunganya dengan orang lain.
Penanaman moral kepada anak usia TK dapat dilakukan dengan berbagai cara dan lebih disarankan menggunakan pendekatan yang bersifat individual,persuasif, demokratis,keteladanan, informal dan agamis.

Pengembangan Kemampuan kepribadian / Moral bagi anak TK

A. Potensi Anak sebagai Manusia utuh
Tuhan telah melengkapi anak dengan seperangkat kemampuan misal : kemampuan dalam perkembangan moral& etika,kemampuan pribad sosial dan lemasyarakatan
Perkembangan moral dan etika pada diri anak TK diarahkan pada pengenalan kehidupan dalam kaitannya dengan orang lain, mengenal dan menghargai perbedaan di lingkugan tempat anak hidup, mengenalkan peran jenis (role of gender) dan orang lain,mengembangkan kesadaran hak dan tanggung jawab
Bentuk kegiatan lain yang masih dan terkait dengan pengembangan pribadi sosial kemasyarakatan adalah memberi kesempatan bermain dan belajar tentang keyakinan religius dan kultural, menjalin hubungan konstruktif antara anak-guru, guru-guru, memberi peluang pada anak untuk melakukan pengamatan, penilaian dan perencanaan belajar untuk tahapan selanjutnya sesuai dengan yang diinginkan anak.

B.Kemampuan Anak Dalam Moralitas
Adler ( 1974),dalam pembentukan kepribadian yang harus dimiliki oleh manusia seperti :
o Dapat beradaptasi pada situasi dalam relasinya dengan orang lain dalam hubunganya dengan berbagai kultur
o Selalu dapat memahami sesuatu yang berbeda dan menyadari bahwa dirinya memiliki dasar pada identitas kulturnya
o Mampuu menjaga batas yang tidak kaku pada dirinya, bertanggung jawab terhadap bentuk batasan yang dipilihnya sesaat dan terbuka pada perubahan

c. Substansi Pengembangan Moral Anak TK
Terkait dengan pengembangan moralitasnya, anak TK memerlukan bantuan dalam pembentukan karakter (formation of character), kepribadian (shaping of personality) dan perkembangan sosial (social Development) . Guru Taman Kanak-Kanak harus menguasai strategi pengembangan emosional soial, moral dan agama bagi anak Taman Kanak-Kanak. Juga, guru Taman Kanak-Kanak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s