PERKEMBANGAN GERAK ANAK KECIL

MACAM-MACAM GERAK

Dalam bahasa indonesia kata motor dan movement diterjemahkan sebagai gerak atau gerakan tanpa mengandung perbedaan didalamnya.
Gerakan ditinjau dari segi ruang /jarak dibagi menjadi :
a. Gerak lokomotor
b. Gerak non lokomotor (stabilisasi)
Ditinjau dari sistem otot, gerakan dibagi menjadi 3 yaitu :
a. Fleksi : gerakan kontraksi otot yang menyebabkan gerakan membengkok
b. Ekstensi : gerakan meluruskan/membentangkan yang berlawanan dengan fleksi
c. Rotasi : gerakan berputar yang berporos pada sumbu

Menurut Anita Harrow(1971) gerakan manusia dapat dikelompokkan sebagai berikut :
• Gerakan refleks : gerakan/tindakan manusia yang timbul sebagai refleks terhadap suatu simultan tanpa keterlibatan kesadaran
• Gerakan Dasar fundamental : pola gerakan untuk ketangkasan gerak yang lebih kompleks. Malina (1991),Dauer dan panggarazi(1986) serta kogan berpendapat gerak dasar fundamental dibagi atas gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulasi
• Kemampuang mengamati :Kemampuan perseptual/kemampuan mengamti membantu seseorang menafsirkan stimulasi secara tepat sehingga ia mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan dapat menghasilkan perilaku yang efektif dan efisien
• Kemampuan Fisik : Karakteristik fungsional dari semua organ kekuatan apabila kemampuan tersebut dikembangkan pada seseorang ia akan mempergunakannya secara benar dan efisien dalam melakukan suatu gerakan.
• Gerakan ketrampilan
• Kemampuan komunikasi
Perilaku gerak dapat dibagi menjadi 3 yaitu pertama, mengacu pada stabilisasi/non lokomotor (gerakan yang tidak menyebabkan pelakunya berpindah tempat seperti membungkuk, memutar, mengayun dll).kedua,gerak lokomotor (gerakan yang mencakup proyeksi tubuh terhadap ruang eksternal dengan pengubahan lokasi baik vertikal maupun horizontal misal : lari, loncat dll). Ketiga menyangkut kemampuan dasr manipulasi (usaha mengalihkan kekuatan objek-objek seperti memukul, melempar dll)

Menurut Sayuti Sahara (2003) gerak lokomotor merupakan gerak dasar yang menjadi fondasi untuk dipelajari diperkenalkan pada anak usia dini.
Gerak dasar tersebut meliputi :
a. Berjalan
: Perpindahan berat badan dari satu kaki ke kaki lain dengan salah satu kaki tetap kontak dengan tempat bertumpunya sepanjang kegiatan itu berlangsung.
Ciri berjalan : terlihat mudah, langkah sudah berirama, pemindahan berat badan sudah lancar dan mulus.
Masalah yang timbul atara lain : mengayun bagian sisi yang sama,gagal melakukan tekuka n pergelangan kaki, postur tubuh yang tidak benar ditandai dengan mengangkat kepala dan tubuh bagian atas ke depan
b. Berlari
: Kelanjutan gerak dari berjalan dan memiliki ciri khusus pada fase melayang di udara (tidak tertumpu)dari salah satu kaki.jogging merupakan istilah populer dari lari. Pada umumnya lebih lambat,lebih memantul serta langkah yang lebih pendek
Masalah yang timbul antara lain: berlari dengan tubuh yang ditegakkan, berlari dengan tumit, berlari dengan kaki berputar ke dalam atau ke luar.
– Meloncat dan mendarat
Meloncat melibatkan gerakan yang mengarahkan seluruh tubuh berada di udara sesaat.meloncat sealu berkaitan dengan mendarat, pengerahan tersebut dapat dilakukan oleh satu atau dua kaki. Melncat dilakukan dengan tujuan mencapai ketinggian atau jarak tertentu, seperti vertical jump dan standing board jump.
Proses meloncat untuk tujuan mencapai ketinggian tertentu dilakukan dengan cara kedua lutut dibengkokan , lengan dibengkokkan dan dibawa ke bawah , pada saat kedua lutut diluruskan , kedua lengan diayun ke atas. Saat diudara seluruh tubuh diluruskan , mendarat harus dengan ujung telapak kaki dan kedua lutut sedikit bengkok.
Proses meloncat untuk tujuan mencapai jarak tertentu dengan dilakukan dengan cara badan dicodongkan ke depan, kedua lengan diayun kebelakang dan diayun kembali ke depan sekuat-kuatnya.
– Meniti dan memanjat
Memanjat merupakan gerkan yang dilakukan ke atas maupun ke bawah dengan menggunakan tangan dan kaki dengan badan bagian atas dan lengan sebagai kontrol yang paling utama.
Gerakan ini merupakan kelanjutan dari merangkak yang umumnya dilakukan sebelum si anak dapat berjalan , khususnya bila tersedia sarana untuk melakukan kegiatan tersebut.memanjat dan meniti dapat dilakukan pada tangga, jenjang tali atau tambang.Ada dua kegiatan utama dalam memanjat tali yaitu : memanjat tali dan ayunan

GERAKAN NONLOKOMOTOR (STABILISASI)

Gerakan nonlokomotor merupakan ketrampilan stabil, gerakan yang dilakukan tanpa atau hanya sedikit sekali bergerak dari daerah tumpuannya.Gerakan stabilisai termasuk didalamnya seperti :
Steching penguluran otot atau sekelompok otot, pelurusan sendi atau persendian tubuh dengan tujuan membuat badan memanjang.Gerakan penguluran umumnya selain untuk meningkatkan kelenturan atau keleluasaan gerak sendi yang harus dilakukan secara terkontrol.

Bending : membengkokkan bagian tubuh pada setiap persendiannya, dimana struktur sendi akan menentukan keleluasaan gerak setiap sendi yang dihasilkannya. Gerakan ini juga merupakan gerakan persiapan untuk penguluran dan keduanya dapat membantu menghasilkan kekuatan maksimum, kecepatan dan jarak dalam gerakan kombinasi.

Gerakan manipulatif melibatkan tindakan mengontrol suatu objek khususnya tangan dan kaki . ada dua klasifikasi gerakan manipulatif yaitu : reseptif dan propulsif
Ketrampilan reseptif adalah menerima suatu objek seperti menagkap dan ketrampilan propulsif memiliki ciri pengerahan gaya atau kekuatan terhadap suatu objek seperti memukul, melempar, memantul atau menendang.
Beberapa kegiatan yang termasuk didalam gerakan manipulatif adalah menggelindingkan bola, melempar dan menangkap, menahan/trapping, memantul atau mendribbling, memukul
Pada dasarnya gerakan melempar sulit dilepaskan dari gerakan menangkap.dilihat dari gerakannya, frekuensi gerak melempar berbanding dengan frekuensi gerak menangkap.jenis lain dari menangkap atau menahan bola yang dilakukan tanpa menggunakan tangan.Bouncing dan dribbling memerlukan koordinasi mata dan tangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s