Menyiasati makanan terlarang untuk anak…

Para ibu kadang jengkel bila pada saar berbelanja berhadapan dengan rengekan anak yang meminta permen atau snack padahal si anak tahu kalo makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

berikut ini adalah makanan musuh para ibu dan tips siasatnya :

SNACK
Mengandung kadar garam tinggi tapi rendah gizi, mengandung zat adiktif yang mebuat anak ketagihan.jika terlalu sering menikmati makanan sejenis pasti lidah akan terbiasa dengan rasa gurih sehingga tidak mengenal rasa lain(sayur& buah)
Tips SIASAT :
-batasi 1 bungkus se minggu, harus konsisten dengan menjelaskan segi buruk jika terlalu banyak makan snack (misal : alergi Msc, akan batuk malam hari) bilang :bukan berarti ia tidak boleh sama sekali tapi harus diabatasi
-kenalkan camilan lain yang sehat dengan kandungan yang bergizi misal : telur, sayur, buah. kandunganya baik untuk perkembangan/ketahanan tubuh
-seminggu sekali buatlah selingan buatan anada yang menaik dan bervariasi

MI INSTAN
Tepung yang sudah diolah tidak lagi mempunyai serat yang cukup karena sudah mengalami proses pabrikasi. makanan yang kandungan seratnya sedikit setelah diserap akan diubah menjadi energi yang lantas diubah menjadi lemak.Selain itu biasanya sudah ditambah kandungan adiktif untuk menambah penampilan rasa, bentuk dan pengawet.Tepung merupakan sumber kalori yang menyebabkan rasa lapar dibanding nasi, bila menyantapnya setiap hari akan menyebabkan kegemukan.bumbu-bumbu nya perlu diwaspadai karena mengandung unsur yang dapat merangsang dan mengiritasi saluran pencernaan
Tips SIASAT
-sebisa mungkin tidak usah memperkenalkan pada anak, mi hanya baik untuk anak 2 tahun ke atas.
-Buang air rebusan mi karena terlarut zat-zat/bahan kimia dalam pabrikasi ganti dengan air panas yang baru untuk kuahnya
-ganti dengan bumbu olahan sendiri
-waspada bila anak alergi ciri : gatal, batuk, mual, muntah
-untuk membuat bergizi, masak dengan sayuran, bakso,ayam, telur, sapi
-harus dikonsumsi sebagai selingan/keadaan darurat bila tidak ada waktu tempat untuk mengolah bahan makanan segar

ES KRIM
Dalam es krim terkandung 60-65 % air, 12-16 % sukrosa, 8-13 % susu skim,2-6 % sirup glukosa, 8-12 % lemak nabati , 0.1-0.2 % hidrat arang.Es krim = sumber protein yang sangat tinggi,zat gizi yang terkandung dalam 1 porsi es krim ukuran sedang 2/3 gelas susu
Tips SIASAT
-sebaiknya berikan setelah makan utama, setelah makan es krim gula darah dalam tubuh naik, perut kenyang dan nafsu makan hilang
-kadar gula tinggi, setelah makan es krim segera berkumur/menyikat gigi sesudahnya
-imbangi dengan asupan makanan yang lain, bila berlebih akan kelebihan lemak

COKLAT
Coklat mengandung asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh , anak-anak butuh kolesterol untuk membangun sambungan-sambungan pada sel otak.selain itu juga membantu pencernaan dan produksi Vitamin D.
Tips SIASAT
-jadikan untuk selingan maksimal 1 minggu sekali
-ajari untuk gosok gigi sesudahnya
-pilih coklat yang brkualitas dengan kandungan yang sarat gizi (lihat dikemasan)

PERMEN
permen dibuat dari gula(sukrosa)yang diubah menjadi energi (glukosa & Frukosa), permen juga ada yang dibuat dari sakarin yang mempunyai after taste (rasa pahit/getir) yang tertinggal di lidah.permen yang tidak mempunyai nilai gizi akan ditumpuk dalam bentuk cadangan lemak sehingga anak kelebihan berat badan
Tips SIASAT
-sekali-kali boleh, yang dilarang bila permen menjadi menu sehari-hari
-agar tidak ketagihan, siasati variasi menu
-tolak pemberian kembalian dengan permen
-jangan milih permen untuk souvenir ultah
-ajarkan cara untuk membersihkan gigi coz makan permen bisa mengawali proses gigi berlubang.(NAKITA september 2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s